Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengelola Keuangan Keluarga Dengan Benar

Mengelola Keuangan Keluarga

Masalah keuangan sebagai hal yang telah terbiasa dirasakan oleh keluarga yang baru saja tercipta alias pasangan muda yang baru beberapa waktu menikah. Banyak yang menjelaskan jika persoalan penting ada pada jumlah penghasilan keluarga muda itu. Apakah benar? Apakah pendapatan yang kecil sebagai permasalahan pokok dalam masalah keuangan keluarga?

Seorang pakar rencana keuangan menjelaskan jika sebetulnya permasalahan khusus keuangan keluarga muda bukan berada pada kecil besarnya penghasilan keluarga itu. Tetapi factor rutinitas yang keliru dalam pengendalian keuangan tersebut sebagai sumber permasalahan keuangan dalam keluarga.

Untuk menangani masalah keuangan dalam keluarga muda, berikut panduan mudah yang kemungkinan bisa diaplikasikan oleh keluarga muda untuk mengelola keuangan mereka.

1. Pahami dan ketahui keuangan keluarga kita
Seharusnya untuk menghindari permasalahan keuangan keluarga, kita harus kenali isi tabungan, jumlah tagihan dan kebutuhan setiap hari anda supaya bisa diatur secara benar. Pokoknya kita ketahui dahulu kas keuangan kita.

2. Membelanjakan Uang untuk "keperluan" bukan "kemauan"
Jauhi rutinitas belanja yang over dan terlalu berlebih yang justru terkadang tidak sesuai keperluan kita. Jika memang perlu, buat catatan berbelanja supaya kita belanja sama sesuai keperluan. Seringkali kita jika belanja pada sebuah supermarket, kita semakin tertarik dan beli barang sesuai kemauan kita dan bukan keperluan kita. Jauhi hal itu untuk menghindari dari permasalahan keuangan keuangan keluarga.

Management Keuangan Keluarga

Management keuangan sebagai satu aktivitas rencana, penganggaran, pengecekan, pengendalian, pengaturan, penelusuran dan penyimpanan dana yang dipunyai oleh perusahaan atau organisasi.

Tujuan dari tiap-tiap peranan management keuangan itu ialah rencana keuangan, penganggaran keuangan, pengendalian keuangan, penelusuran keuangan, penyimpanan keuangan, pengaturan keuangan, pengecekan keuangan.

Keputusan dalam management keuangan bisa berbentuk:

  • Keputusan investasi,
  • Keputusan pembelanjaan dan pendanaan,
  • Keputusan management aktiva.

Tanggung-jawab seorang manager keuangan bisa berbentuk rencana keuangan, keputusan besar dalam investasi dan pendanaan, pengoordinasian dan pengaturan dan hubungan dengan pasar modal.

Bisa diambil kesimpulan, management keuangan sebagai salah satunya sektor management fungsional pada suatu perusahaan, yang pelajari mengenai pemakaian dana, mendapat dana dan pembagian hasil operasi perusahaan. Dalam masalah ini perusahaan diibaratkan dengan keluarga.

Management keuangan keluarga ialah mengurus atau mengelola keuangan keluarga untuk penuhi tuntutan hidup keluarga setiap hari.

Management keuangan sebagai rangkaian pekerjaan dalam mengoptimalkan penghasilan dan meminimalisir ongkos, dan pastikan tersedianya dana untuk keperluan setiap hari, pengeluaran rumah tangga, keadaan genting, tabungan atau peluang untuk investasi.

Dalam sebuah keluarga bisa saja ada banyak manager di dalamnya semestinya pada perusahaan misalkan suami sebagai hebat manajer, istri sebagai middle manajer yang sering merangkap sebagai lower manajer. Kemungkinan juga anak yang sudah dewasa dipilih oleh orang tuanya sebagai lower manajer.

Top manajer, yakni manager paling tinggi dalam keluarga yang pimpin semua aktivitas beberapa bagian keluarga di luar keluarganya.

Beberapa kuasanya dilimpahkan ke manager tengah, yakni istri misalkan untuk mengurusi masalah keluarga, dan istri kadang memberikan beberapa kuasanya ke anaknya dalam melakukan kerja.

Untuk tentukan manager keuangan ini disamakan dengan kekuatan antara bagian keluarga. Siapakah yang mempunyai pengetahuan lebih bagus, apakah suami atau istri, mereka yang diputuskan menjadi manager keuangan keluarga.

Rumah tangga ialah tanggung-jawab berdua, suami dan istri sebagai bekerjasama untuk sebuah kesuksesan arah didalamnya.

Type pengendalian keuangan yang Anda tentukan, bagusnya didiskusikan secara baik, untuk terwujudnya arah keuangan dan menghindar persoalan yang saya singgung pada awal artikel. Selainnya persetujuan, perlu keterdisiplinan dan loyalitas masing-masing faksi.

Aplikasi Pengelola Keuangan Keluarga

Aplikasi Pengelola Keuangan Keluarga Terbaik

1. Money Lover
Money Lover ialah program penataan keuangan bulanan yang dapat peroleh baik lewat Apps Store atau Play Store. Dengan Money Lover, langsung bisa menyambungkan dompet Money Lover ke rekening bank yang punyai supaya mekanisme dapat automatis mencari histori transaksi bisnis.

Ada beberapa feature yang dapat pakai, nih. Misalkan saja Anggaran yang dipakai untuk membuat budget dan rencana keuangan, Events untuk budget saat melancong, dan Recurring Transaction untuk transaksi bisnis berulang-ulang.

2. Finansialku
Program mengelola keuangan rumah tangga lainnya yang dapat coba ialah Finansialku. Finansialku sendiri ialah program keuangan yang dapat menolong mengurus dan membuat rencana keuangan hingga dapat mengatur pengeluaran.

Program ini ialah aplikasi keuangan yang telah tersertifikat, bisa juga memperoleh info terbaru sekitar keuangan berbentuk artikel, video, atau podcast.

Luar biasanya lagi, aplikasi ini dapat diunduh baik di smartphone Android atau iOS, Kece sekali, ya!

3. Catatan Keuangan Harian
Aplikasi ini dapat pakai untuk menulis kegiatan keuangan seperti pengeluaran dan penghasilan. Untuk yang tidak ingin repot, aplikasi ini pas sekali dipakai karena bentuknya yang sederhana tetapi mempunyai feature yang komplet.

Beberapa feature yang dapat pakai ialah catatan penghasilan, pengeluaran, laporan bulanan, pembelanjaan uang harian, penghitungan beda, dan lain-lain. Sayang, aplikasi ini cuma ada di Android.

4. Sepran
Sepran sebagai kependekan dari Sistem Pemasukan dan Pengeluaran,. Aplikasi ini dapat memudahkan mengurus keuangan bulanan.
Jika memakai program ini, tidak perlu repot masukkan data keuangan. tidak perlu akses internet untuk mengaksesnya.

Sesudah di unduh dan register, semua data personal ditanggung keamanannya, nih. Maka, tidak akan ada yang mengetahui jumlahnya uang yang telah dibelanjakan.

Data yang telah masukan tidak akan lenyap karena Sepran akan backup data ke account Google Drive. Program ini dapat peroleh di sistem Android dan iOS.

5. FamFina
FamFina ialah aplikasi pembukuan keuangan yang dapat dipakai untuk keluarga,. Jika download program ini, dapat memperoleh beragam jenis feature yang dapat menolong mengelola keuangan.

Ada bermacam feature yang dapat peroleh, nih. Misalkan saja mengurus budget, simpan nota dan bukti transaksi bisnis, sampai dapat menulis lebih satu pembukuan.

6. Cuan
Cuan ialah kependekan dari menCatat keUANgan,. Aplikasi ini membuat menjadi lebih gampang atur penghasilan yang telah peroleh.

Dengan memakai Cuan, semua keuangan individu sepanjang satu bulan akan gampang ditata. Program ini bisa juga menolong membuat neraca keuangan secara automatis.

Walau benar-benar gampang dipakai, sayang program Cuan cuma dapat dipakai oleh pengguna iOS, nih.
 

Post a Comment for "Mengelola Keuangan Keluarga Dengan Benar"